Berikut Keuntungan dari Kelahiran Normal yang Tidak Didapat Pada Persalinan Caesar

03/04/2016 -

Meskipun perkembangan dunia medis terus berkembang sehingga proses kelahiran sekarang dapat dilakukan dengan cara Caesar, proses melahirkan secara alami masih menjadi pilihan para ibu hamil. Hal ini tentunya ada pertimbangan tersendiri selain pada biaya yang harus dikeluarkan. Pada persalinan normal, proses persalinan dilakukan secara alami, yaitu melalui vagina.  Hal ini memungkinkan untuk meminimalkan penggunaan obat-obatan pada saat proses kelahiran, dan masih banyak lagi keuntunganya. Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapat dari proses melahirkan secara normal yang telah kami rangkum.

  1. Kelahiran secara normal adalah cara yang paling ideal. Banyak hal yang menyebabkan ini. Pertama, proses kelahiran secara normal minim resiko. Tidak seperti kelahiran Caesar yang dalam prosesnya terdapat berbagai resiko seperti pendarahan, malpraktek dan sebagainya. Kelahiran secara normal adalah proses alami yang seorang ibu sudah dipersiapkan untuk menghadapinya.
  2. Kelahiran secara normal proses pemulihanya dapat berlangsung cepat tanpa harus ada proses rawat inap pasca persalinan. Hal ini tentunya penting bagi mereka yang menghargai waktu.
  3. Jika ibu hendak berencana memiliki anak lagi maka tidak ada masalah pada jarak kelahiran berikutnya. Hal ini karena bentuk rahim akan kembali ke bentuk semula dan telah terlatih untuk proses persalinan berikutnya.
  4. Secara biologi, proses kelahiran normal adalah proses yang sudah didukung mekanisme tubuh seorang ibu. Kelahiran normal akan memicu kelenjar susu memproduksi kolostrum untuk menghasilkan Air Susu Ibu (ASI). Dimana hal ini sangat penting untuk tumbuh kembang bayi.
  5. Secara medis, bayi yang dilahirkan secara normal lebih tahan terhadap alergi dan asma. Sistem kekebalan tubuhnya juga lebih baik dari bayi yang dilahirkan Caesar.

Sedikit tips untuk anda yang khawatir akan rasa sakit saat kelahiran secara normal, ikutilah pelatihan Hypnobirthing. Dengan demikian kelahiran secara normal akan menjadi proses yang lebih ringan.