ENDORPHIN MASSAGE

05/10/2010 -

Ringan dan halus pijatannya, tetapi luar biasa manfaatnya

Mungkin belum banyak diantara Anda yang mengenal Endorphin Massage. Ini sebuah terapi sentuhan/pijatan ringan, yang cukup penting diberikan pada wanita hamil, di waktu menjelang hingga saatnya melahirkan.

ENDORPHIN MASSAGEMeski teknik sentuhan ringan ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang mendampingi wanita hamil, namun idealnya dilakukan oleh pasangan/ suami wanita hamil yang bersangkatan. Para ahli mengatakan, teknik ini dapat semakin “mengikat” erat hubungan antara suami dan isteri, serta bayi yang akan dilahirkan.

Untuk mempelajarinya, Anda bisa ikuti tahap-tahap yang dijelaskan dalam tulisan ini. Tetapi bila ingin lebih “mantap”, ada baiknya bila Anda berdua suami, mengikuti kelas prenatal, khususnya Hypnobirthing. Disini, berbagai teknik yang bisa membantu memudahkan serta melancarkan jalannya proses persalinan, sekaligus menghilangkan rasa nyeri melahirkan, bisa Anda dapatkan.

Boleh dilakukan setelah usia kehamialan 36 minggu

Sesuai namanya, teknik sentuhan ringan ini memang akan memicu lepasnya hormon endorphin. Namun, bukan itu saja. Hormon oksitosin, yang dikenal sebagai hormon yang bisa merangsang timbulnya kontraksi, juga ikut muncul.

Makanya, wanita hamil yang masih jauh dari waktunya melahirkan, tidak disarankan menerima endorphin massage. Hanya wanita hamil yang sudah memasuki usia kehamilan sekitar 36 minggu lah yang boleh menerima teknik sentuhan ringan ini.

Membantu melancarkan proses persalinan

Endorphin massage dikenalkan pertama kali oleh Constance Palinsky, seorang ahli kebidanan. Endorphin massage sangat bermanfaat karena dapat memberikan rasa nyaman, tenang dan rileks pada wanita hamil. Selain itu, teknik sentuhan ringan ini ternyata juga dapat menormalkan denyut jantung dan tekanan darah. Itu sebabnya mengapa teknik ini dapat membantu memudahkan dan melancarkan proses persalinan.

Endorphin sebenarnya merupakan gabungan dari kata endogenous dan morphine, suatu unsur dari protein yang diproduksi oleh sel-sel tubuh serta sistem syaraf manusia.

Selama ini endorphin memang dikenal sebagai zat yang banyak manfaatnya, seperti mengendalikan perasaan tegang/stres, mengendalikan rasa nyeri dan sakit yang menetap, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karena endorphine bisa diproduksi oleh tubuh manusia sendiri, maka endorphine dianggap sebagai zat penghilang rasa sakit yang terbaik. Dalam tubuh, kemunculan Endorphin bisa dipicu melalui berbagai kegiatan, antara lain, pernapasan yang dalam dan relaksasi, serta meditasi.

Mau mencoba?

Anda bisa “menerima” Endorphin massage sambil duduk maupun berbaring, sementara pasangan Anda berada dekat dengan Anda.

  • Duduk atau berbaringlah yang nyaman.
  • Tarik napas yang dalam secara perlahan, lalu keluarkan dengan lembut sambil memejamkan mata.
  • Minta pasangan Anda mengelus dengan sangat lembut permukaan kulit lengan Anda dengan ujung-ujung jari tangannya. Mulai dari lengan bagian atas terus turun hingga lengan bawah. Lakukan dengan sangat perlahan-lahan dan lembut.
  • Setelah beberapa menit, ganti ke tangan yang lain.

Bila Anda suka, tidak hanya bagian lengan yang bisa dilakukan sentuhan ringan ini. Bagian tubuh lain seperti leher, bahu serta punggung dan bagian paha, juga bisa dilakukan.

Bila ingin dilakukan di pungung;

  • Ambil posisi berbaring miring, atau duduk menghadap sandaran kursi (sebaiknya Anda memakai kursi yang tidak terlalu tinggi sehingga kedua telapak kaki masih menyentuh lantai. Taruh bantal di antara dada dengan sandaran kursi, sehingga Anda bisa menyenderkan tubuh di bantal itu).
  • Minta suami untuk melakukan pijatan ringan mulai dari leher terus ke arah bawah sambil membentu hurup V terbalik. Jadi arahnya dari leher menuju sisi luar rusuk Anda.
  • Teruskan arah sentuhan ringan ini hingga ke tubuh Anda bagian bawah belakang.
  • Sesekali arahkan sentuhan ini ke perut Anda, dan rasakan gerakan janin. Ucapkan kata-kata afirmasi bersama suami.
  • Saat melakukan sentuhan ringan ini, mintalah suami mengucapkan kata-kata positif, yang bisa menentramkan hati Anda. Misalnya, “Saat merasakan sentuhan ringanku, rasakan endorphin menyebar ke seluruh tubuh dan menghilangkan semua rasa nyeri yang ada.

Selesai melakukan endorphin massage, saling berpelukanlah. Pengalaman ini pastii akan memberi kenangan sangat manis bagi Anda berdua bahkan juga janin Anda.

Tags: , , , , , , , , , ,