Hamil Sehat dan Bahagia, Dengan Yoga

08/04/2010 -

Ingin menjalani masa hamil dengan sehat, tenang dan bahagia?

Yuk, mari beryoga.

yoga

Karena berbagai sebab atau kondisi, beberapa ibu hamil menjalani kehamilannya dengan “sarat” keluhan. Ada yang mengeluh secara fisik, seperti mudah lelah, sering lesu, tubuh pegal-pegal, bahkan sesak napas. Atau, ada juga yang sejak hamil berubah jadi pemurung, mudah sedih, atau cemas tanpa sebab yang jelas.

Sebagian ahli mengatakan kalau hormon-hormon yang aktif begitu terjadi kehamilan, punya andil dalam perubahan, kondisi ketidakseimbangan serta rasa kurang nyaman ini. Masalahnya, bagaimanapun hormon kehamilan memang harus aktif, demi berlangsungnya kehamilan dan pertumbuhan janin yang sehat.

Karena itu, daripada sibuk mengeluh, lebih bijaksana kalau kita coba cari solusinya, bukan? Bukankah kehamilan kita juga yang mengidamkannya? Apalagi kondisi akibat ketidakseimbangan itu, mudah kok mengendalikannya. Salah satu cara yang menyenangkan adalah, dengan beryoga.

Fisik prima, mentalpun mantap

Gerakan yoga yang khas, meregang disertai rangkaian yang “mengalir”, dapat melatih otot-otot tubuh sehingga kencang sekaligus lentur dan fleksibel. Karena itulah yoga dapat membentuk  postur tubuh yang kuat. Bagi ibu hamil, otot yang kuat dan fleksibel disertai postur yang sempurna, akan sangat menunjang perkembangan dan kesehatan kehamilannya.

Olah napas yang selalu menyertai setiap pose yoga, membuat tubuh ibu hamil menerima pasokan oksigen secara optimal dan mengalirkannya secara seimbang ke seluruh tubuh. Dengan demikian, seluruh organ tubuh akan bekerja sempurna. Hasilnya, tubuh menjadi sehat, bugar dan stamina ibu hamil pun meningkat.

Yoga juga mampu menata kegalauan pikiran serta perasaan yang sering datang pada ibu hamil tanpa diundang, seperti murung dan sedih tanpa sebab itu tadi.  Ini hasil dari latihan yoga yang selalu dilakukan dengan penuh “kesadaran” disertai teknik relaksasi yang juga selalu menyertainya.

Latihan yoga semacam ini membuat ibu hamil terlatih untuk “menyadari” saat-saat rasa tidak nyaman muncul, untuk kemudian menerimanya sebagai bagian dari “perjalanan” kehamilannya. Lalu berusaha menatanya, sehingga tidak sampai mengganggu apalagi merusak kebahagiaan hati saat menjalani kehamilan yang memang dinanti selama ini.

Mesra dengan janin

Menjalani kehamilan dengan sehat dan penuh “kesadaran”, membuat ibu hamil selalu merasa tenang dan siap “membuka diri” serta menerima seluruh proses yang terjadi selama hamil hingga saat melahirkan dengan ikhlas dan damai.

Hal ini membuat “kepekaan” ibu hamil pada setiap “sinyal” yang disampaikan janin juga semakin terasah. “Komunikasi” antara bunda dan janin akan terjalin dengan lembut dan mesra. Akhirnya, janin pun akan tumbuh tidak saja semakin sehat, tetapi juga membawa rasa tenang dan damai.

Terjalinnya komunikasi yang mesra ini juga bermanfaat di saat menjelang hingga berlangsungnya persalinan.  Tubuh dan jiwa ibu hamil yang sudah terlatih melalui yoga ini, dapat dengan mudah “bekerjasama” dengan janin di saat-saat bersejarah mereka. Tidak akan ada lagi rasa cemas atau takut melahirkan. Yang ada hanyalah “menikmati pengalaman indah bersama”.

Pilih pelatih yoga handal

yoga-trainer-assisting_~BLD050176Latihan yoga sangat lembut. Itu sebabnya, hampir semua ibu hamil sehat (tidak memiliki komplikasi apapun dalam kehamilannya), bisa melakukannya. Sekalipun sebelumnya ia belum pernah berlatih yoga.

Meski demikian, mengingat kondisi kehamilan setiap ibu hamil berbeda, akan sangat bijaksana bila sebelum berlatih, ibu hamil tetap berkonsultasi dengan dokter kandungannya. Penjelasan dokter kandungan mengenai kondisi kehamilan inilah yang sebaiknya dibicarakan dengan pelatih yoga. Dengan begitu, pelatih yoga dapat memilihkan gerak yang paling pas, sesuai dengan kondisi kehamilan masing-masing ibu hamil.

Itu sebabnya, berlatih yoga dibawah pengawasan pelatih handal, lebih-lebih yang memahami betul proses perubahan tubuh selama hamil, merupakan keharusan. Ini bukan hanya berlaku bagi mereka yang belum pernah beryoga, lho. Mereka yang sebelum hamil sudah berlatih yoga pun harus dalam bimbingan pelatih handal. “Pasalnya”, bagaimanapun kondisi tubuh hamil berbeda dari yang tidak hamil.

Dan yang penting dipahami adalah, yoga bukan sekedar urusan mampu melakukan setiap gerakan dengan sempurna, melainkan juga mengerti dan memahami falsafah yoga secara utuh.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,