JANGAN TAKUT MUAL

07/21/2010 -

Timbulnya rasa mual di awal kehamilan, adalah tanda tubuh sedang dalam masa penyesuaian. Jalani saja dengn sabar.

Rasa mual yang sering disertai juga dengan muntah, biasa dialami wanita di awal-awal masa kehamilannya. Banyak yang menyebutnya dengan istilah morning sickness. Meskipun  “serangan”nya tidak selalu datang di pagi hari. Ada yang mengalaminya justru di sore hari. Bahkan, ada juga wanita hamil yang harus merasakannya seharian, dari pagi hingga malam.

Tubuh pun mempersiapkan diri

Terjadinya kehamilan, tentu akan disertai juga dengan berbagai perubahan dalam tubuh. Yang pasti, begitu terjadi pembuahan, tubuh langsung “mempersiapkan diri” untuk menyambut kehamilan itu. Salah satunya adalah, dengan aktifnya hormon kehamilan yang dikenal dengan nama Hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG).

Masalahnya, hormon ini kadang merangsang dinding lambung, disamping cepat mengeluarkan gula dalam darah yang menyebabkan timbulnya rasa lapar sekaligus mual. Itu sebabnaya, diduga aktifnya HCG inilah yang menyebabkan timbulnya mual-mual pada beberapa ibu hamil muda.

Tidak semua mengalami

Ya, memang tidak semua ibu hamil mengalami morning sickness ini. Banyak juga yang tidak mengalaminya sama sekali selama kehamilannya. Berat atau ringannya “serangan” pun berbeda-beda antara ibu hamil satu dengan lainnya. Beberapa ibu hamil tetap masih bisa makan dan minum meski serangan mual datang. Tetapi ibu hamil lain ada yang tidak “secuil” makanan pun bisa masuk dalam mulutnya.

Perbedaan ini memang berhubungan dengan fisiologi tubuh, di samping juga latar belakang, karakter, serta pengalaman hidup ibu hamil itu sendiri.  Yang pasti, mengalami mual atau tidak,  atau mualnya dalam taraf ringan atau berat, bukan patokan untuk menilai normal atau tidaknya suatu kehamilan. Jadi, bagi yang tidak mengalaminya, atau hanya mengalami secara ringan, bukan berarti kehamilannya tidak sempurna. Begitu juga sebaliknya.

Umumnya  masa-masa penyesuaian ini tidak berlangsung lama. Meningkatnya kadar hormon HCG diperkirakan mencapai puncaknya di usia kehamilan sekitar 10 minggu. Itu sebabnya, setelah lewat 3 bulan pertama, kebanyakan kondisi mual dan muntah pada ibu hamil sudah hilang.

Boleh dikurangi

Meski menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi karena meningkatnya HCG justru untuk menyiapkan tubuh terhadap hadirnya kehamilan, berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan apalagi diterima dengan rasa sebal.  Yakinlah bahwa semua ini demi kebaikan janin dan kelancaran proses kehamilan.

Namun tentu saja, bila rasa mual dan muntah ini dirasa sangat memberatkan, berkonsultasi dengan dokter kandungan merupakan jalan terbaik. Malah, kalau rasa mual dan muntah itu sampai membuat ibu hamil tidak bisa apa-apa, tidak ada satu makanan dan minuman pun yang bisa masuk dalam tubuhnya, sangat dianjurkan untuk mencari jalan keluarnya.

Masalahnya sudah jelas. Mual dan muntah yang terus menerus bisa membuat ibu hamil mengalami dehidrasi. Tidak adanya nutrisi yang masuk dalam tubuh ibu hamil, akan mengganggu kesehatan ibu hamil. Bukan hanya berat badannya akan turun, daya tahan tubuhnya pun pasti jadi lemah. Akibatnya, gangguan kesehatan dan penyakit akan mudah datang. Bagaimana kehamilan bisa berjalan lancar dan janin tumbuh sehat bila demikian keadaan ibunya?

Atur pola makan

healthy-life-style-thumb12961950Banyak cara untuk mengurangi rasa mual dan muntah di awal kehamilan ini. Para ahli selalu menyarankan untuk;

Jaga jangan sampai terlalu lapar atau perut kosong. Hal ini akan memicu rasa mual datang lebih hebat.

Makanlah dalam porsi secukupnya. Kalau perlu dalam porsi kecil, tetapi sering dengan waktu yang teratur. Anda bisa membaginya menjadi 5 – 6 kali sehari. Porsi makan yang besar malah bisa merangsang rasa mual muncul.

Selalu makan dengan pola makan sehat seimbang, disesuaikan dengan kondisi kehamilan. Dimana perlu, berkonsultasilah dengan ahli nutrisi.

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak lemak, terlalu asam atau terlalu banyak bumbu tajam. Begitu juga minuman yang mengandung soda.

Minumlah yang cukup.  Dianjurkan dalam sehari minum air putih minimal 10 gelas. Ini untuk menghindari Anda mengalami dehidrasi. Namun selain dari minuman, cairan juga bisa diperoleh dari sari buah, jus atau kuah sayuran.

Saat bangun tidur pagi hari, biasanya kondisi kadar gula darah turun. Ini juga bisa membuat Anda merasa mual. Karena itu, ketika bangun tidur, jangan langsung berdiri. Cobalah duduk dulu beberapa saat, sambil mengunyah biskuit (sediakan selalu biskuit di samping tempat tidur) serta minumlah minuman hangat.

Ramuan tradisional banyak yang ampuh sebagai penangkal mual sekaligus aman bagi kehamilan. Misalnya minuman jahe hangat (jahe dalam bentuk permen juga bisa jadi pilihan), atau beberapa tetes jeruk lemon yang dimasukkan dalam air hangat atau teh Anda.

Relaksasi, “putuskan” jalur rangsang mual

Ya, jangan pernah anggap remeh kegiatan ini. Relaksasi dapat membantu meningkatkan kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Seluruh otot menjadi rileks dan tubuh ibu hamil menjadi segar. Organ-organ tubuh akan bekerja sempurna, sistem metabolisme pun berlangsung lancar. Bahkan, frekuensi rileks bisa “memutus” jalur pengiriman rangsang mual dari otak ke sistem pencernaan.

Yang pasti, melalui relaksasi, ibu hamil akan merasakan ketenangan dan kedamaian, sehingga benar-benar siap menerima dan menjalani kehamilannya dengan mantap.

Relaksasi sebaiknya dilakukan minimal 2 kali dalam sehari, pagi dan malam hari. Namun dimana perlu, lakukan juga selagi ”serangan” mual datang.

Duduklah dalam ruangan yang memberi rasa tenang bagi Anda. Bila perlu, pasang musik lembut kegemaran Anda dan remangkan sedikit cahayanya.

Lemaskan seluruh otot tubuh, mulai dari telapak kaki hingga ujung kepala.

Bernapaslah dengan tenang, perhatikan keluar masuknya napas (jangan memaksa atau mengatur napas, biarkan napas keluar dan masuk apa adanya).

Setelah merasa tenang dan rileks, niat/afirmasikan dalam hati untuk menyehatkan seluruh tubuh.

Kemudian niat/afirmasikan bahwa proses kehamilan berjalan tenang, lancar, dan nyaman.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,