IKUT KELAS HYPNOBIRTHING, YUK

06/29/2010 -

Mau siap fisik dan mental saat melahirkan?

Bagaimana kalau ikut kelas hypnobirthing?

Menjalani proses kehamilan dan persalinan memang sering membuat wanita yang belum pernah mengalaminya menjadi gamang. Padahal, idealnya pengalaman indah itu dilewati dengan rasa tenang dan bahagia.

Sebenarnya, kuncinya ada di kesiapan fisik dan mental. Kesiapan inilah yang membuat kehamilan bisa berlangsung sehat, pertumbuhan janin lancar, dan proses persalinan pun berjalan sukses.

Lalu, apa yang bisa dilakukan? Ikut kelas hypnobirthing, adalah salah satu usaha yang bisa dipilih.

young-and-attractive-happy-mom-thumb12456580

Manfaatnya, luar biasa!

Kelas hypnobirthing adalah wadah dimana wanita hamil bisa memperoleh banyak pengetahuan, tentu saja seputar kehamilan, persiapan hingga saatnya melahirkan.

Memang belum banyak rumah bersalin yang menyediakan fasilitas ini. Namun di beberapa kota besar sudah ada. Anda bisa menanyakannya pada dokter atau bidan yang merawat kehamilan Anda, di kota tempat Anda tinggal. Kelas hypnobirthing memang tak selalu harus berada dalam satu atap dengan rumah bersalin tempat Anda melahirkan nantinya.

Lalu, apa yang bisa Anda peroleh melalui latihan hypnobirthing? Ooh…banyak sekali dan luar biasa!

  • Pengetahuan mengenai segala hal yang bisa Anda alami selama masa kehamilan 9 bulan, serta bagaimana menghadapinya agar Anda bisa menjalani kehamilan dengan tenang, sehat, dan bahagia.
  • Pengetahuan tentang apa yang sebaiknya Anda lakukan selama menjelang datangnya waktu bersalin bahkan hingga datangnya detik-detik persalinan itu sendiri.

Mengenal “diri” dan janin

Namun yang juga tak kalah penting adalah, Anda akan “mengenal diri” Anda sendiri. Rekaman-rekaman bawah sadar yang tanpa Anda ketahui menjadi penghambat kehidupan Anda selama ini (termasuk keyakinan bahwa kehamilan adalah masa sulit dan melahirkan pasti sakit) akan sirna. Berganti dengan jiwa yang selalu tenang, ikhlas, damai dan tentu saja bahagia.

Melalui latihan hypnobirthing, Anda pun akan mengenal buah hati tercinta Anda sejak ia janin, dan merajut hubungan batin yang manis dengannya sedini mungkin. Ini karena latihan-latihan dalam hypnobirthing mampu membuat Anda lebih peka dan tanggap terhadap kondisi tubuh Anda, janin, serta lingkungan sekitar Anda.

Pasangan juga dilibatkan, lho

Kehamilan memang bukan hanya tanggung jawab ibu hamil seorang. Pasangan tercinta, juga perlu terlibat, bukan? Itu sebabnya, dari sekian sesi pertemuan dalam kelas hypnobirthing, ada beberapa sesi yang melibatkan pasangan. Bagaimanapun  keterlibatan pasangan tercinta punya peran besar dalam kelancaran jalannya kehamilan hingga proses persalinan.

Dalam sesi yang melibatkan pasangan, akan diberi penjelasan tentang apa yang bisa dilakukan pasangan dalam menghadapi saat-saat tertentu, dimana Anda merasa tidak nyaman akibat kehamilan yang terus membesar. Misalnya, cara membantu Anda meringankan rasa pegal atau sakit pinggang, atau saat Anda merasa sesak napas. Dan yang pasti, pasangan akan dijelaskan dan di”latih” bagaimana mendampingi Anda di detik-detik menjelang hingga saatnya Anda melahirkan. Dengan demikian pasangan dapat terlibat bersama menjalani saat-saat bersejarah dalam menyambut hadirnya buah hati tercinta Anda berdua.

Kapan kelas hypnobirthing bisa dimulai? Memang, ada baiknya Anda terlibat sejak awal kehamilan. Meski tentu tidak pernah ada kata terlambat untuk memulainya. Tentu saja materi yang diberikan akan disesuaikan dengan usia kehamilan Anda. Selain itu, kondisi kehamilan dan kesehatan Anda juga akan jadi perhatian. Jadi Anda tak perlu takut mengalami persalinan dini karenanya.

Dimana bisa ikut kelas Hypnobirthing ?

  • Klinik Pro V (Holistic Health Care). Jl Let. Jen Suprapto No. 60, Jakarta. Telp. 021 4265321.
  • Rumah Sakit Ibu Anak BUNDA. Jl. Cik Di Tiro, Jakarta.

Tags: , , , , , , , ,