Kenali Teknik-Teknik Pernafasan Saat Latihan Relaksasi Hypnobirthing

02/19/2016 -

Hypnobirthing adalah metode melahirkan yang banyak diminati para calon ibu, terutama bagi mereka yang baru pertama kali akan melahirkan. Metode ini menggunakan sugesti positif yang ditanamkan pada calon ibu saat melahirkan agar merasa rileks dan siap secara mental. Metode ini pun menuntut para calon ibu untuk melakukan pelatihan teratur yang dipandu terapis.

Salah satu materi pelatihan tersebut adalah mempelajari teknik pernafasan. Mempelajari teknik pernafasan ini penting untuk setiap metode yang menggunakan relaksasi. Teknik pernafasan yang benar akan memudahkan para calon ibu untuk rileks. Ada beberapa teknik pernafasan dalam hypnobirthing, salah satunya adalah metode olah nafas lamaze breathing.

Latihan yang berhubungan dengan metode ini antara lain:

  • Slow Breathing

Metode ini menekankan untuk menurunkan irama bernafas. Tarikan dan hembusan nafas dilakukan secara perlahan-lahan sesuai dengan hitungan dalam tempo lambat.

  • Blowing Breathing

Teknik ini cukup sering kita lihat di tayangan televisi, yaitu menarik nafas yang dalam lewat hidung lalu mengeluarkanya perlahan lewat mulut. Hampir mirip seperti meniup lilin, hanya saja biasanya ada jeda beberapa saat sebelum udara kembali dikeluarkan. Hal ini untuk memaksimalkan penyerapan oksigen dalam paru-paru.

  • Patterned Breathing

Patterned Breathing ini hampir sama dengan Blowing Breathing yaitu menarik nafas dari hidung dan mengeluarkanya lewat mulut. Hanya saja saat mengeluarkan lewat mulut, hal ini dilakukan dengan cepat yaitu dengan hitungan 2 sampai 3 saja.

  • Cleansing Breath

Teknik ini berlawanan dengan teknik Patterned Breathing. Tarik nafas dalam-dalam dan perlahan-lahan lewat hidung dalam kemudian keluarkan secara perlahan-lahan lewat mulut.

Dengan mengetahui metode olah nafas lamaze breathing yang digunakan dalam pelatihan hypnobirthing ini, semoga para calon ibu mendapat sedikit gambaran mengenai pelatihan hypnobirthing.