LATIHAN KEGEL, KUATKAN OTOT DASAR PANGGUL

08/26/2010 -

Kekuatan otot-otot dasar panggul penting bagi ibu hamil. Otot-otot ini berfungsi menopang tulang panggul dan organ yang berada di dalamnya.

LATIHAN KEGEL

Bila otot-otot ini kuat, bukan saja ia dapat menyangga dengan baik kehamilan yang terus bertambah besar, tetapi juga pegang peranan dalam lancarnya proses persalinan. Saat proses persalinan berlangsung, terutama saat bayi akan keluar, Anda yang sudah terlatih akan dengan mudah melenturkan di sekitar rongga panggul ini, sehingga proses keluarnya bayi menjadi lancar dan rasa nyeri pun berkurang.

Ternyata, latihan kegel juga sangat membantu ibu hamil yang mengalami kesulitan menahan buang air kecil (urinary incontinence) di akhir kehamilannya. Lenturnya otot-otot di daerah dasar panggul ini, rupanya membuat sirkulasi darah pun terjaga, sehingga wasir yang sering mendatangi ibu di akhir masa kehamilan, dapat dihindari.

Rajinnya ibu hamil melakukan latihan kegel juga dapat meningkatkan vitalitas ibu hamil. Hal ini karena otot-otot dasar panggul berada di daerah perineum dimana terdapat pusat energi, yaitu cakra dasar. Fungsi cakra dasar itu sendiri adalah menjaga dan meningkatkan vitalitas tubuh.

Sudah jelas, agar otot-otot dasar panggul kuat, tentu perlu dilatih. Salah satu latihan yang bisa dilakukan adalah melakukan latihan yang dikenal dengan latihan Kegel (ditemukan oleh Arnold Kegel dari Jerman).

Latihannya dengan melakukan gerakan mengontraksikan dan merilekskan, atau mengerutkan dan mengendurkan otot-otot dasar panggul. Sederhananya, mirip ketika kita akan menahan buang air kecil. Anda bisa mencobanya;

  • Duduklah bersila, pejamkan mata, rilekslah.
  • Bawa pikiran menuju daerah panggul dimana berada vagina, saluran kencing dan dubur.
  • Tarik napas, lalu kerutkan/kontraksikan otot-otot disana. Perlahan, rasakan kontraksi naik ke bagian perut, tahan beberapa saat.
  • Perlahan rilekskan kembali otot-otot, mulai dari bagian perut terus turun ke bawah sambil mengeluarkan napas.

Sederhana, bukan? Itu sebabnya, pada dasarnya latihan ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, baik saat duduk, bersila, atau berdiri. Latihlah otot-otot dasar panggul setiap hari sebanyak 50 – 80 kali setiap hari.

Tags: , , , , , , , , , ,