Latihan Menanamkan Sugesti pada Pelatihan Relaksasi Hypnobirthing

02/22/2016 -

Dalam metode hypnobirthing, para calon ibu akan dilatih untuk bisa menanamkan sugasti sendiri dalam dirinya.  Hal inilah yang disebut swasugesti atau selfhypnosis. Dalam melatih kemampuan swasugesti ini ada beberapa teknik yang bisa digunakan.

Metode selfhypnosis yang cukup sering digunakan adalah dengan relaksasi progresif. Teknik ini dilakukan dengan cara merilekskan bagian tubuh satu per satu sampai seluruh tubuh menjadi rileks semua. Teknik ini cukup kuno dan pasaran namun tetap saja efektif untuk digunakan.

Selain itu ada juga teknik yang lebih mudah yaitu dengan memejamkan mata dan mengucapkan kata-kata sugesti positif seperti “Saya bisa melewati persalinan dengan baik dan lancar” atau “Saya dan bayi saya akan sehat dan selamat” “Semua akan baik-baik saja” dan sebagainya. Pengucapan dilakukan secara terus menerus baik melalui lisan atau dalam hati. Satu hal yang penting adalah kondisi harus rileks dalam memasukan sugesti tersebut. Dengan demikian diharapkan alam bawah sadar anda dapat merekam dan membuat anda melakukan hal-hal yang sesuai pada sugesti positif tersebut.

Pada saat seorang ibu dalam kondisi hypnosis maka diharapkan kecemasan dan keteganganya dapat berkurang. Sehingga yang ada dalam pikiranya hanya sugesti positif tersebut. Ketika keadaan ini sudah mampu dicapai oleh seorang ibu, maka konsentrasi rasa sakit akan teralihkan oleh sugesti tadi, lalu kelahiran pun dapat berjalan lancar.

Sulit untuk menjelaskan apa yang dirasakan seorang ibu saat memasuki alam bawah sadar dalam keadaan rileks, karena ini berhubungan dengan kondisi mental masing-masing individu yang berbeda. Yang jelas kondisi mental akan lebih siap dan ketakutan dapat berkurang.

Untuk lebih jelasnya sebaiknya anda merasakanya sendiri dengan cara mengikuti pelatihan hypnobirthing. Dengan trainer yang handal maka para calon ibu akan dibimbing untuk memasukan sugesti positif pada dirinya sendiri. Selamat mencoba!