Manfaaat Mendengarkan Musik Bagi Tumbuh Kembang Janin

03/02/2016 -

Walaupun masih menjadi perdebatan tentang pengaruh mendengarkan musik bagi ibu hamil terhadap janin yang dikandungnya, namun banyak yang percaya bahwa musik yang tepat dapat membuat janin tumbuh optimal. Bahkan ada yang mengklaim bahwa musik klasik dapat mencerdaskan otak bayi ketika lahir nanti. Namun belakangan ada pula yang berpendapat bahwa tidak harus musik klasik yang dapat mencerdaskan bayi, melainkan jenis musik apapun yang dapat membuat suasana hati seorang ibu lebih bahagia saat mengandung.

Musik sudah dikenal sejak zaman moyang kita baru mengenal teknologi batu. Dari zaman dahulu hingga sekarang, setiap perayaan, acara keagamaan dan ritual tertentu tidak lepas dari unsur musik. Dalam ritual keagamaan, musik dapat membantu dalam membangun suasana rohani yang kental. Dalam perayaan hari tertentu musik juga dapat membangun suasana lebih hidup. Anda tentunya tidak dapat membayangkan suatu pesta tanpa musik, maka akan hambar.

Hal ini cukup memberikan gambaran yang jelas kepada kita bahwa musik sangat mempengaruhi sisi dari kehidupan manusia. Mungkin ini juga yang membuat orang-orang begitu yakin bahwa musik juga mempengaruhi tumbuh kembang janin. Maka tidak heran para ilmuwan tertarik untuk meneliti hal ini dan menyimpulkan bahwa musik memang mempengaruhi tumbuh kembang janin. Walaupun hal ini masih ada yang berdebat tentang jenis musik apa yang paling mempengaruhi.

Yang jelas ilmuwan sepakat bahwa ibu hamil yang mendengarkan musik dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin. Bukan janin dalam perut yang mendengarkan seperti ilustrasi-ilustrasi yang sering kita lihat. Menempelkan speaker dalam perut yang bertujuan agar janin dapat mendengarkan musik justru mengganggu janin karena di dalam kandungan terdapat cairan ketuban dan lain sebagainya yang menghalangi suara. Maka mendengarkan musik yang benar adalah cukup ibu saja yang mendengarkan, maka otomatis janin akan terpengaruh oleh emosi yang dirasakan seorang ibu. Hal inilah yang membuat metode hypnobirthing memanfaatkan musik untuk ibu hamil