Mengatasi Morning Sickness Pada Tanda-Tanda Awal Kehamilan

08/15/2016 -

Kabanyakan wanita hamil akan mengalami berbagai keluhan selama kehamilanya. Berbagai keluhan seperti mual, muntah, pusing, dan sebagainya adalah kondisi yang biasanya terjadi di trimester awal. Mual-mual dan muntah ini umumnya timbul pada pagi hari sehingga sering disebut morning sickness. Morning sickness tidak bisa dihindari. Pada sebagian wanita, kadarnya bisa cukup berat, meski ada juga yang tidak terlalu merasakannya. Bagi wanita yang bekerja, keadaan seperti itu bisa sangat mengganggu.

Ibu perlu bersikap positif tentang cara mengatasi mual dan muntah itu. Akan lebih membantu jika ibu membekali diri dengan pengetahuan seputar kehamilan mengikuti pelatihan Hypnobirthing secara rutin. Pengetahuan seputar kehamilan akan sangat membantu ibu dalam menyesuaikan diri dengan keadaan yang ibu alami. Sedangkan metode Hypnobirthing akan membantu ibu dalam memupuk sikap positif tentang mengatasi mual dan muntah. Jika perlu, catatlah waktu-waktu kapan ibu mengalaminya sehingga mudah diantisipasi jika gejala muncul berulang. Hindari hal-hal yang dapat memicu mual, seperti aroma makanan atau minuman tertentu yang terlalu tajam.

Tidak ada salahnya kita menyediakan snack atau makanan ringan, seperti crackers, kue, atau buah di meja kerja. Makanan tersebut dapat mengurangi rasa mual secara cepat. Selain itu, makanlah sesering mungkin dan perbanyak minum air putih.

Meski berat, berusahalah untuk tidak terlalu memanjakan diri ketika mengalami morning sickness. Istirahat yang cukup dan coba bangun lebih pagi sehingga punya waktu bersiap-siap, serta tidak terburu-buru ke kantor. Dengan begitu, juga jadi punya waktu lebih untuk menumbuhkan mood positif. Atau jika punya cukup waktu, kita pun bisa memasukan sugesti positif di sela-sela persiapan kita.