Pentingnya Relaksasi Menjelang Persalinan

08/22/2016 -

Menghadapi momen paling penting, yaitu persalinan bagi ibu hamil, maka ibu membutuhkan persiapan yang matang untuk menjaga keselamatan ibu dan janin. Selain berbagai sarana dan perlengkapan yang harus dipersiapkan saat persalinan nanti, ibu hamil juga membutuhkan mempersiapkan kondisi mentalnya dalam menghadapi masa yang menentukan tersebut.

Salah satu hal yang dapat dilakukan ibu hamil dalam mempersiapkan mental untuk menghadapi perselinan nanti adalah relaksasi. Relaksasi persalinan akan membantu ibu hamil dalam memudahkan persalinan dan membuat janin lahir tanpa adanya kendala.

Teknik relaksasi sama seperti teknik lainnya bahwa teknik relaksasi yang dilakukan dapat menenangkan otot yang tegang. Ibu hamil dapat terlebih dahulu mengenali ketegangan otot, setelah itu ketegangan pada perut dan melakukan seni melepas ketegangan oleh ibu hamil.

Kita dapat memulainya dengan memusatkan perhatian pada bagian tubuh. Kemudian berkonsentrasi pada bagian yang tegang dan melepasnya secara perlahan. Teknik ini akan lebih maksimal jika dibarengi dengan teknik pernafasan yang baik pula. Ibu hamil dapat melakukannya sebari menarik nafas dalam dan membuangnya dengan menghembus nafas. Kondisi ini akan membuat ibu hamil mengalami relaksasi yang cukup baik dalam pikiran maupun tubuh ibu hamil.

Ibu sebaiknya konsentrasi selama menjalani proses relaksasi ini. Semakin ibu dapat berkonsentrasi maka ibu akan semakin mudah untuk dapat merilekskan otot-otot yang tegang. Bahkan ibu dapat meminta bantuan suami untuk melakukan relaksasi. Melakukan relaksasi dengan suami akan membuat ibu lebih tenang dan meningkatkan rasa percaya diri menghadapi persalinan.

Melakukan relaksasi dengan diiringin musik yang menenangkan dan sugesti positif maka akan semakin membuat ibu rileks dalam menghadapi persalinan nanti. Sama seperti yang dilakukan pada saat metode Hypnobirthing dilakukan.