Persiapan Menyambut Perkembangan Janin di Minggu ke-28

08/12/2016 -

Janin di dalam kandungan tentunya terus mengalami perkembangan dari hari ke hari. Ibu hamil hendaknya harus dapat mengimbangi dengan pola hidup dan pola makan yang dapat menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Konsumsi makanan oleh ibu tentunya bukan sebatas kuantitasnya saja, melainkan juga kualitas dan kandungan gizi dari makanan tersebut.

Untuk kegiatan penunjang lainya kita bisa juga melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 1 kali pada bulan ke 7 dengan tujuan untuk mengetahui posisi kepala bayi apakah sudah benar atau tidak (persentasi kepala). Bila persentasi belum benar, ibu disarankan melakukan upaya-upaya yang bisa membetulkan posisi, misalnya ibu sering nungging.

Mengingat posisi perut ibu sudah terdesak rahim yang membesar, untuk konsumsi makanan ibu bisa mengkonsumsi makanan dengan cara sedikit demi sedikit untuk menghindari kekurangan asupan makanan. Biasanya posisi ini bisa menyebabkan sensasi rasa kenyang walaupun kondisi ibu kekurangan makan sekalipun.

Lingkungan keluarga ibu hamil hendaknya mendukung untuk merencanakan tempat persalinan dimana ibu hamil nanti akan bersalin. Hal ini juga untuk membuat estimasi biaya persalinan yang nanti akan diperlukan. Juga kalau perlu menentukan sendiri tenaga profesional yang akan kita percaya.

Sebaiknya ibu mulai berlatih mengejan sejak dini. Ini sangat baik untuk melatih kekuatan otot-otot vital pada persalinan nanti.

Menggunakan jasa terapis Hypnobirthing saat persalinan juga hal yang sangat disarankan. Hal ini karena terapi Hypnobirthing pada saat persalinan akan sangat membantu mengatasi ketegangan ibu. Metode Hypnobirthing ini juga akan lebih efektif jika jauh sebelum masa persalinan datang ibu hamil rutin mengikuti pelatihan Hypnobirthing yang dipandu oleh para ahli.