Posisi Tubuh Saat Berjalan dan Berdiri Guna Menjaga Kehamilan

08/19/2016 -

Ketika ibu sedang hamil, tentu ibu harus menjaga banyak hal. Mulai dari pola makan, pola tidur bahkan aktivitas sehari-hari. Saat makan ibu harus dapat membatasi diri untuk tidak memakan makanan yang kurang baik untuk janin, ibu juga harus memiliki waktu istirahat yang cukup, hindari stress dan bahkan saat berjalan dan berdiri pun harus hati-hati.

Untuk menghindari stress psikis ibu bisa mengikuti pelatihan Hypnobirthing dimana ibu akan diajak untuk memasukan sugesti positif. Sedangkan untuk stres fisik ibu harus dapat meluangkan waktu demi kebutuhan istirahat. Mempunyai waktu tidur yang cukup dan lain sebagainya. Begitupula pada saat ibu sedang berjalan dan berdiri.

Untuk ibu yang aktif berjalan dalam keseharianya, ibu bisa berjalan dengan kepala yang tegak ke depan. Usahakan ibu menjaga bahu tetap tegak, selain itu poisikan kaki ibu sama rata dalam menahan beban badan.

Hindari terlebih dahulu menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi karena akan membuat cepat pegal dan mengganggu kesehatan. Selain itu resiko kehilangan keseimbangan pun jauh lebih besar ketika hamil. Maka ini sangat tidak disarankan.

Sedangkan untuk posisi berdiri usahakan jangan sampai berdiri dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama. Hal ini terutama jika usia kandungan ibu sudah cukup tua. Jikapun terpaksa harus berdiri maka cobalah untuk mengangkat satu kaki dengan beristirahat di bangku atau sejenisnya. Setelah beberapa menit, ganti posisi kaki ibu. Saat bekerja di dapur misalnya, lakukan istirahat satu kaki bergantian dan ubah kaki setiap lima sampai 15 menit. Tetap aktif semasa kehamilan tentu berdampak baik untuk kesehatan ibu hamil asalakan pada porsi dan posisi yang tepat.