Siapkan Mental Ibu Untuk Menghadapi Persalinan

02/17/2016 -

Saat usia kandungan semakin tua dan semakin dekat dengan persalinan, banyak para calon ibu mengalami kegelisahan mental. Hal ini terutama bagi mereka yang baru pertama kali melahirkan. Ketakutan akan rasa sakit yang diderita, bayangan menyeramkan di rumah sakit, hingga kemungkinan kematian sering melanda dan membuat semakin tegang secara psikis. Hal ini tentunya sangat merugikan karena hal itu justru menambah buruk keadaan.

Untuk itu perlu adanya persiapan mental dari para calon ibu untuk meyambut buah hatinya. Berikut hal yang bisa ibu lakukan untuk mempersiapkan mental yang baik dalam menghadapi persalinan.

  1. Berpikiran positif dan bergaulah dengan lingkungan yang positif. Orang-orang terdekat anda mungkin adalah pemberi aura positif yang baik karena mereka tulus dan perduli dengan anda. Namun, hal itu tidak menjamin jika cara mereka menyampaikan perhatian dan kepedulianya kurang bijak. Bisa saja larangan dan kisah-kisah yang mereka tujukan semakin membuat mental semakin turun. Maka orang-orang terdekat anda selain harus peduli dan tulus, juga harus bisa menyampaikan bentuk kepedulianya tersebut dengan bijak.
  2. Singkirkan semua kekhawatiran dengan membagi kekhawatiran itu dengan orang lain. Utarakanlah kecemasan kepada orang-orang terdekat, termasuk suami. Dengan begitu, secara psikologis beban dapat berkurang dan anda dapat membuat orang lain mengerti akan keadaan anda.
  3. Ikuti pelatihan Hypnobirthing secara rutin sejak usia kandungan masih muda. Metode hypnobirthing ini akan memberi sugesti-sugesti positif sehingga apa yang anda pikirkan mengenai proses kelahiran adalah hal-hal yang positif.
  4. Ini yang cukup ampuh bagi anda yang sudah lama mendambakan buah hati, bayangkan wajah bayi anda nantinya. Bayangkan ia akan segera hadir di tengah-tengah kehidupan anda dan memberi warna baru dalam hidup anda. Bayangkan tubuhnya yang mungil jatuh di pelukan anda. Bayangkan betapa lucunya tingkahnya. Bayangan-bayangan itu diharapkan para calon ibu mendapat motivasi yang kuat untuk menjalani persalinan yang baik.