Tips Persiapan Ibu Hamil Sebelum Proses Persalinan

02/24/2016 -

Saat proses persalinan terjadi nanti, seorang ibu dituntut untuk mencurahkan perhatian dan energinya agar prosesnya berjalan lancar. Untuk itu perlu adanya persiapan untuk menghadapi saat-saat tersebut. Apa saja itu? Simak penjelasanya berikut ini.

  1. Cukup Istirahat

Proses persalinan adalah proses yang membutuhkan banyak energi. Apalagi bagi yang baru menjalaninya untuk yang pertama kali, maka kemungkinan prosesnya akan lebih panjang. Untuk itu calon ibu harus memiliki cukup istirahat sebelum waktu kelahiran tersebut berlangsung. Kelelahan dan kehilangan tenaga dapat menghambat proses persalinan karena dikhawatirkan tenaganya tidak mencukupi untuk mengejan.

  1. Jangan Tahan Buang Air

Pada saat keinginan buang air kecil muncul, segeralah keluarkan. Kandung kemih yang penuh dapat menghambat kontraksi rahim sehingga kepala bayi sulit keluar. Keadaan ini bisa mengakibatkan rasa nyeri yang menyakitkan. Sediakan pispot jika pergi ke kamar mandi dirasa memberatkan.

  1. Distraksi Relaksasi

Persiapan ini penting, terutama jika sang ibu menginginkan kelahiran anaknya secara normal. Mengejan harus dilakukan ketika mulut rahim terbuka secara lengkap. Yang sering terjadi adalah ibu mengejan sebelum waktunya. Hal ini berakibat pada pembengkakan mulut rahim. Sehingga saat bayi keluar ibu akan banyak menguras tenaga. Untuk itu diperlukan teknik distraksi relaksasi yaitu mengambil nafas panjang dan dalam melalui hidung dan mengeluarkanya lewat mulut. Teknik tersebut sebagai alternatif lain dari mengejan.

  1. Bangun Mentallitas

Mentalitas menentukan bagaimana proses persalinan berlangsung. Mentalitas yang dibangun positif akan menghasikan hal-hal positif. Begitupun sebaliknya, mentalitas yang penuh dengan kekhawatiran dan pikiran negatif akan menarik hal-hal negatif. Maka dari itu, saat pelatihan hypnobirthing, para calon ibu akan dipandu untuk menanamkan sugesti positif dalam alam bawah sadarnya. Sehingga hal ini dapat memancing para calon ibu berperilaku positif karena alam bawah sadar sudah di setting untuk hal-hal tersebut. Mulailah menanamkan pikiran positif, jika perllu mengikuti pelatihan hypnobirthing.