Neuro Tendon Stimulation/ Urat Syaraf Terjepit

Q : Saya pria, karyawan, 36 th, sudah berkeluarga dengan 2 orang anak, hobi olahraga. Sudah satu tahun saya menderita baal dan kesemutan di kaki kanan saya, terutama di betis sebelah depan luar. Bila sedang kambuh, rasa sakit ngilu dan pegal yang luar biasa membuat saya sangat terganggu, urut dan macam-macam cara pengobatan telah saya jalani, sampai minum obat pun sudah tapi muncul lagi.Rasa tidak nyaman tersebut saya rasakan semakin hari semakin parah. Apakah dapat menyebabkan lumpuh?, Adakah caranya agar saya sembuh?

A: Rasa kebas atau baal dan kesemutan di kaki kanan Bapak menunjukan bahwa ada gangguan syaraf tulang belakang bawah, apalagi sakit tersebut tidak kunjung sembuh bahkan makin parah.Berolahraga adalah baik, tetapi Bapak harus berolahraga yang tepat bagi keadaan tubuh Bapak, kesalahan gerak tubuh dapat memperparah letak posisi tulang belakang dan sendi-sendi tulang belakang. semakin terganggu syaraf ditulang belakang atau semakin terjepitnya syaraf tersebut, akan memperparah keadaan anggota gerak tubuh Bapak yang pada gilirannya bukan hanya rasa ngilu yang sangat tetapi masa otot akan berkurang akibat isyarat-isyarat pengiriman nutrisi ke otot terganggu, otot tersebut akan menjadi “layu” atau mengecil, otomatis gerak kaki menjadi lemas dan tiada daya.

Terapi NTS ( Neuro Tendo Stimulasi) / Urat Syaraf Terjepit adalah salah satu cara untuk mengatasi keluhan-keluhan Bapak tersebut. Dengan memperbaiki posisi tulang belakang dan sendi, gangguan pada syaraf akan berkurang dan dengan menstimulasi syaraf, syaraf menjadi “hidup” kembali. Menjaga posisi tulang belakang yang tegak dan lurus saat duduk, berdiri maupun beraktifitas adalah sangat baik untuk proses pemulihan atau perawatan, sedangkan olahraga renang sangat di anjurkan.

Q: Usia saya sekarang 26 thn, karyawati sejak kuliah saya kost di Jakarta. Akhir-akhir ini tangan kanan saya sering kesemutan dan ada rasa kebas di ujung-ujung jari, leher dan pegal-pegal dan kalau datang rasa pegalnya saya ” Kretek”, tekanan darah dan gula darah saya normal dan saya sudah periksa kedokterjantung ternyata jantung saya tidak ada kelainan. Yang ingin saya tanyakan mengapa kebas dan kesemutan itu bisa terjadi, padahal pola tangan saya pada posisi bebas, tidak tertekan atau tertekuk. sebagai tambahan, sehari-hari aktifitas saya berhadapan dengan komputer.

A: Kebiasaan Anda sehari-hari sangat mempengaruhi keadaan tubuh Anda. Posisi duduk yang tidak tegak atau membungkuk dan menunduk serta tegang di depan meja komputer menyebabkan ketegangan otot-otot Anda, begitu pula sendi-sendi leher dan tulang leher dapat bergeser ke posisi yang tidak menguntungkan yang dapat menyebabkan syaraf di ruas tulang leher terjepit, meski hanya sedikit menyentuh syaraf, namun menyebabkan bagian tubuh yang disarafi oleh syaraf tersebut ” menderita”.Hal lain yang meski kelihatannya sepele, ” mematah-matahkan leher dapat menjadi faktor pencetus terjepitnya syaraf di tulang leher, atau kebiasaan lama yaitu tidur dengan kasur terlalu empuk sehingga tubuh melengkung ditambah pula dengan bantal yang tinggi akan sangat memperparah gangguan tulang belakang tersebut dapat berupa kebas, kesemutan dan ngilu dari ringan hingga berat, seperti yang Anda rasakan di tangan dan jari-jari Anda.

[email_link]

FAQ lain: