Sehat Dengan Terapi Autohipnosis

06/17/2011 -

selfhypnosisindomobil.jpg

MEN SANA IN COR PORE SANO, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, tentu kalimat emas itu sudah tak asing lagi di telinga Anda. dan banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meraih kesehatan, salah satunya lewat autohipnosis.

Apakah Anda pernah merasakan saat berkendaraan dengan mobil ataupun sepeda motor, tanpa sadar tiba-tiba sudah terpandu sampai di lokasi tujuan ? Anda tidak menyadari jalan yang dilalui dan berapa lampu merah terlewati, karena seolah-olah Anda dibawa oleh kendaraan, bukan Anda yang mengendarai kendaraan?

Menurut Dr. Tb. Erwin Kusuma, Sp.KJ, psikiater sekaligus hipnoterapis di klinik Pro V , sebuah klinik spesialis yang berlokasi di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Fenomena itu sudah termasuk hipnostis ringan dan dapat terjadi pada tiap orang. Namun sebelum berbicara lebih jauh mengenai hipnotis dan perannya dalam dunia kesehatan, ada baiknya kita tahu dulu sekilas tentang ilmu hipnotis, yaitu berasal dari kata mesmerisme, karena ditemukan oleh Dr. Franz A. Mesmer, seorang pakar berkebangsaan Austria di tahu 1734-1815 serta terbagi menjadi dua aliran magnetisme dan hipnotisme.

Magnetisme berarti magnet, besi berani dan unsure yang mempengaruhi lingkungan. Disini psien sebagai obyek yang pasif dimana tenaga dipengaruhi energi penyembuhan dari terapis, misalnya terapi prana dan chikung.

Hipnotisme berarti Hypno= tidur, disini pasien sebagai obyek aktif tetapi dipandu untuk mencapai keadaan relaksasi rohani untuk mencapai keadaan relaksasi rohani atau ruh dengan menggunakan energi sendiri, yang juga disebut Autohipnosis ( self-hipnosis).

Menurut Erwin, bila rohani Anda telah mencapai keadaan relaksasi maksimal, menenangkan diri Anda secepat mungkin , lalu pasrah kepada Sang Pencipta, maka tubuh akan mengeluarkan sejenis ‘ morphin’ alami yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit atau keluhan-keluhan baik rohani maupun jasmani Anda.

Lalu siapa saja yang perlu mencapai keadaan relaksasi? Pertama, untuk Anda yang sehat dengan tujuan menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup. Kedua, dibutuhkan para eksekutif yang ingin mengatasi konflik dalam kehidupan seperti strtegi menghadapi tekanan pekerjaan dikantor atau kehidupan bisnis dan keluarga. Ketiga, bagi Anda yang memiliki penyakit antara lain sulit tidur ( insomnia), stress yang tak teratasi sehingga mengakibatkan sakit maag, sesak nafas, jantung berdebar, sering berkeringat, bruxism (gigi gemerutuk pada waktu tidur malam), serta ketegangan otot, sakit kepala dan hipertensi.

Proses Mencapai Keadaan Relaksasi

Di klinik Pro V, Erwin menggunakan mediator bandul atau pendulum kecil dari kristal, untuk mengawali dan melihat sejauh mana kemampuan pasien mencapai keadaan relaksasi, dengan menggunakan energi sendiri ( autohipnosis).

Selanjutnya, pasien dipandu memejamkan mata seraya menenangkan seluruh pikiran dan jiwa. Sementara tangan kanan memegang bandul dan tangan kiri posisi seperti sedang berdoa. Ketika Anda sudah memasuki tahap relaksasi maka bandul bergerak sesuai perintah hati.

Semakin dalam Anda mencapai ketenangan jiwa, tanpa disadari bandul jatuh terlepas dari tangan dan secara perlahan kedua tangan bergerak menghampiri badan, yang menurut Erwin, gerakan itu untuk menunjukan area ditubuh yang membutuhkan penyehatan melalui terapi Autohipnosis.

Selanjutnya, perlahan-lahan kondisinya kedua tangan Anda akan lemah dan jatuh di atas pangkuan. Dalam bilangan detik Anda dapat membuka mata, maka selesai tahap terapi autohipnosis yang berlangsung antara 15-20 menit. Dianjurkan pada saat awal mengikuti terapi ini hendaknya Anda mengunjungi klinik Prov selama 3 kali untuk dipandu oleh ahlinya, dengan penentuan waktu tergantung dari kesibukan Anda masing-masing. Bisa setiap hari, selama 3 tiga hari berturut-turut atau tiga kali dalam seminggu, aatu juga seminggu sekali pertemuan dalam waktu 3 minggu. Selanjutnya, Anda bisa melakukan sendiri dirumah, tanpa di pandu ahlinya.

Tahapan Lain Untuk Mencapai Keadaan Relaksasi

Selesai tahapan bandul, Anda bisa melajutkan terapi dengan posisi terlentang, lalu memandang lingkaran yang terletak di langit-langit ruangan tepat berbaring. Fungsi lingkaran ini sebagai pengganti bandul, untuk mencapai keadaan relaksasi. Tetapi sayangnya ini hanya bisa dilakukan diruangan klinik Pro V, karena lingkaran tersebut hanya ada dilangit-langit tepat di atas ranjang ruangannya. Prosesnya pun dapat dikatakan hampir sama dengan menggunakan bandul , bedanya terapi model ini, Anda hanya tidur terlentang, tanpa memikirkan apa-apa dengan mata tetap tertuju pada lingkaran yang ada dilangit-langit ruangan tersebut.

Melalui tahapan-tahapan terapi ini, tubuh Anda pun akan merasakan kebugaran serta ketenangan jiwa yang mendalam. Pada gilirannya tentu ini akan memberikan energi positip didalam menghadapi berbagai tantangan kerja serta problema kehidupan.

selfhypnosis1indomobil.jpg

TIPS BAGI ANDA YANG INGIN MENCOBA TERAPI AUTOHIPNOSIS

1. Yakinkan diri Anda untuk benar-benar ingin mecoba terapi ini.
2. Usahakan Anda tidak tegang ketika mencoba terapi ini.
3. Tenangkan dan konsentrasi hanya pada terapi ini demi kesehatan rohani dan jasmani Anda
4. Ikuti dengan seksama semua instruksi yang disampaikan oleh dokter yang memandu Anda, demi tercapainya keadaan relaksasi yang maksimal.

Sumber : Indomobil

Tags: